Bagaimana Menemukan Masalah dan Menentukan Judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Bagaimana Menemukan Masalah dan Menentukan Judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Bagaimana Menemukan Masalah dan Menentukan Judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu ? Hmmmm....Pastinya akan sukar bilamana hal tersebut belum pernah di coba. Kita harus mengkajinya lebih dalam. Sesuai pengalaman teman saya ketika dia mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka, dia disibukan dengan yang namanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Katanya sih dia ada tugas dari dosen, kemudian dia pun bergegas untuk mengumpulkan bahan satu persatu, dimulai dari perbandingan antar sekolah bahkan mengkaji para gurunya juga. 

Setelah menemukan dan menelaah lebih jauh, barulah dia mulai menyusunnya satu persatu menjadi sebuah bahan yang telah dia observasi di lapangan. Lalu Bagaimana Menemukan Masalah dan Menentukan Judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ? Caranya cukup mudah, kita harus mengetahui dahulu sebelum membuat laporan PTK. Seumpama belum melakukan observasi di lapangan tentunya hal demikian akan sukar untuk kita buat menjadi sebuah laporan PTK.

Laporan PTK pada intinya untuk mengetahui permasalahan yang sering terjadi disetiap pembelajaran berlangsung dengan mengetahui hasil dari pada pembelajaran tersebut, bisa juga dikatan sebagai uji coba serta mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, sehingga terjadinya kenaikan yang signifikan.

Untuk yang kuliah di Universitas yang merupakan sebuah keguruan, tentunya hal demikian tidaklah menjadi suatu keanehan atau yang bersifat, namun untuk yang bukan atau belum pernah melakukan atau membuat Laporan PTK, tentunya hal tersebut menjadi sebuah kesulitan, tapi janganlah anda risaukan hal demikian, untuk alasan itulah pada kali ini saya akan berbagi sebuah file yang menyangkut sebuah laporan PTK dengan nama Bagaimana Menemukan Masalah dan Menentukan Judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Silahkan bagi yang berminat, anda dapat mendownloadnya pada bagian akhir artikel ini.

Semoga apa yang saya bagikan tersebut menjadi bermanfaat dan tentunya membuat anda memudahkan dalam membuat Laporan PTK. Terima kasih telah berkenan mengunjungi blog sederhana ini. 

Pratinjau

File Terbaru Lainnya :


    EmoticonEmoticon